Rabu, 26 Desember 2007

Manfaat Belajar Capoeira


Manfaat Belajar Capoeira

Mestre Cicatriz mengatakan bahwa ”Capoeira bukan sekedar olah raga. Capoeira adalah bentuk seni, budaya, dan aktivitas pendidikan”. Di banyak sekolah di Brazil, Capoeira adalah mata pelajaran wajib yang dimaksudkan dapat mengembangkan tidak hanya aspek fisik dan siswa tapi juga aspek intelektual.

Banyak manfaat capoeira yang bsia dirasakan di aspek fisik. Gerakan capoeira yang dinamis sudah pasti dapat meningkatkan kelincahan, keseimangan dan koordinasi dari praktisinya. Selain itu gerakan akrobatiknya juga mengembangkan kelenturan, mobilitas, serta memperkuat ligamen dan tulang. Dari olah raga ini, postur badan yang baik bisa didapat. Selain itu pernafasan dan ketahanan tubuh juga akan terlatih.

Sedangkan dari segi intelektual dan psikologis, capoeira bisa mengasah konsentrasi. Interaksi yang terjadi dalam kelompok capoeira juga pastinya menambah kepercayaan diri. Filosofi-filosofi yang terkandung dalam capoeira bisa melatih pengendalian diri dan menghilangkan sikap agresif. Praktisi juga diajari untuk saling menghormati sesama dan itu juga berlaku di luar grupo.

Dalam capoeira juga diajarkan bahwa keberadaan setiap manusia di dunia ini adalah sama dan interaksi antar sesama harus didasari dengan keadilan, rasa hormat, tanggung jawab, dan kebebasan.

Tidak ada komentar: